Senin, 09 Mei 2011

Pelatihan Leading Change

Perubahan adalah kata kunci untuk unggul dalam persaingan. Persaingan tentunya semakin ketat, maka konsekuensi bagi perusahaan yang tak bersedia melakukan perubahan adalah kematian. Sama halnya dengan benda mati yang tak bergerak, sedangkan segala sesuatu yang hidup tentu bergerak, bertumbuh dan berkembang. Lalu bagaimana dengan yang bersedia untuk melakukan perubahan, apakah mereka akan terus tumbuh dan berkembang sehingga menjadi unggul? Banyak pengusaha yang tetap mempertahankan sistem yang ada atau mengunggulkan sistem yang telah berjalan, tetapi ingatlah bahwa tidak semua kembang itu menjadi buah. Kelangsungan pertumbuhan perusahaan ditentukan oleh berapa banyak dan besar perubahan yang dihasilkan.
Oleh karena itu dalam melakukan perubahan perlu memahami sumber perubahan, yaitu Sumber Daya Manusia perusahaan yang seringkali dikatakan sebagai asset yang berharga untuk unggul dalam persaingan. Tehnologi bisa didatangkan dan sistem bisa diadopsi tetapi peran manusia sangat menentukan karena mereka yang mengoperasikan tehnologi dan menjalankan sistem. Ditangan SDMlah letak kunci keunggulan perusahaan.
Sedangkan berbicara tentang SDM maka faktor penentu manusia berubah adalah pada sikapnya. Bila mereka berpandangan negatif maka seluruh tindakan dan perkataannya menjadi negatif, dan merupakan faktor penentu dalam menghambat kemajuan perusahaan. Sedangkan sikap dihasilkan oleh sudut pandang manusia. Oleh karena itu diperlukan pelatihan agar mereka berubah paradigmanya atau persepsinya, melalui pemberian dua sisi sudut pandang sehingga yang bersangkutan dapat mengambil keputusan untuk berubah menjadi lebih baik. Sesungguhnya tak ada manusia yang bersedia menggunakan pikiran orang lain melainkan pikirannya sendiri.

Dalam Pelatihan Leading Change akan dibahas :

1. Peran Leader dalam Perubahan.

Leader yang menjadi penggerak perubahan, ditangan mereka perbaikan dapat dihasilkan. Bagaimana peran Leader agar perubahan yang terjadi bisa berjalan dengan cepat. Bagaimana Leader harus bersikap karena Leader yang menentukan hasil dengan kekuatan pengaruhnya.

2. Memahami Sumber Perubahan

Banyak orang bersedia melakukan perbaikan tetapi banyak juga yang tak memahami sumber perbaikan, sehingga bila ditanya maka mereka tak bisa menjawab dengan tepat. Dalam tindakan bekerja, juga kurang menghargai sumber-sumber perbaikan. Bukankah kalau kita tak memahami sumber perbaikannya maka kita tak akan melakukan perbaikan apapun.

3. Membuktikan Perubahan adalah Proses.

Memang semua manusia setuju akan adanya perubahan tetapi mereka tidak setuju untuk diubah. Dalam pelatihan diberikan bukti nyata kepada peserta bahwa banyak orang ingin mempertahankan apa yang telah dilakukannya, membenarkan apa yang diyakininya. Melalui cara ini diharapkan peserta mendapatkan pelajaran yang menyadarkan mereka untuk komitmen terhadap perbaikan.

4. Memahami Hukum Perubahan

Dengan memahami hukum perubahan maka peserta akan menyadari adanya tantangan dalam melakukan perubahan sehingga mereka paham tentang langkah apa yang dibutuhkan agar perbaikan dapat berjalan sesuai harapan.

5. Studi Kasus

Dalam pelatihan disampaikan juga tentang studi kasus tentang bagaimana mengubah waktu opname barang dari 28 hari menjadi 3 hari, meningkatkan kinerja pengiriman dari 22 hari menjadi maksimal 2 – 3 hari, meningkatkan kinerja dibagian teknik dengan mengurangi waktu downtime penanganan teknik, meningkatkan produktifitas perusahaan dalam jangka pendek dengan bekerja pada sumber inti perbaikan kinerja. Dan lain-lain sesuai dengan perkembangan pembahasan ketika pelatihan berlangsung.

6. Komitmen Perubahan

Pada akhir sessi pelatihan, peserta membuat pernyataan komitmen atas perbaikan dimana mereka memahami bahwa perbaikan akan berjalan tiada henti. Bagi manajemen pernyataan komitmen ini merupakan data untuk mengingatkan karyawan manakala mereka mulai mengendurkan semangat perbaikannya. Disamping itu pihak manajemen memperoleh sumber-sumber perbaikan yang dapat dijadikan masukan bagi peningkatan kinerja perusahaan.
Semoga anda bersedia bergabung dalam pelatihan ini dan menjadi individu yang senang melakukan perubahan ke arah perbaikan. Good luck!!!

Salam Sukses Selalu,
SMART Business Solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar