Kamis, 19 Mei 2011

Pelatihan Smart : Motivation Training Series

Sesungguhnya motivasi untuk sukses dibidang apapun berasal dari dalam diri individu. Bukankah bila kita dimotivasi oleh sesuatu yang berasal dari luar diri kita, maka nasib karir kita bukan ditentukan oleh diri kita. Banyak pandangan yang keliru tentang faktor yang menyebabkan individu memiliki semangat atau motivasi yang tinggi dalam pekerjaannya.

Bila kita fokus pada apa yang ada diluar dan kita tidak punya kuasa untuk mengaturnya maka kita tak akan bisa sampai pada apa yang kita inginkan dalam kehidupan. Manakala motivasi kita adalah uang maka ketika uang yang diterima tak sesuai harapan maka kita menjadi tidak bersemangat. Individu yang demikian akhirnya menyerah pada nasib dan melupakan apa yang dicitakannya. Bukankah jauh lebih baik kita bekerja dimana kita sanggup membuat perubahan dalam kehidupan kita sendiri.
Sadari bahwa sumber terbesar untuk meraih apa yang kita citakan ada didalam diri kita sendiri. Tumbuhkan keyakinan untuk meraih apapun dengan melihat bukti-bukti dalam perjalanan menuju apa yang diharapkan. Tempa diri dengan banyak pelatihan dan bacaan karena itu yang akan tetap menjaga kita terus termotivasi. Modul pelatihan smart Motivation Training Series yang bisa membantu anda meningkatkan performance kerja :

1. Success Mind Set

Semua yang berwujud, diciptakan lebih dulu dalam alam pikir. Bila kita tidak buat gambaran detail tentang apa yang kita harapkan maka kita tak akan bisa mewujudkannya. Tak ada orang yang bersedia membantu kita untuk sukses, mereka tentunya berpikir agar dirinya juga sukses. Memang tak semua apa yang anda inginkan dalam hidup dapat terwujud tetapi apa yang anda yakini dan benar-benar anda inginkan, bisa anda wujudkan.

Bukan pendidikan, bukan kemampuan, bukan pengalaman dan bukan pula kepandaian yang dapat menghantarkan diri anda menjadi apa yang anda harapkan dalam kehidupan. Tetapi kemauanlah yang mampu menghantar seseorang untuk sampai pada tujuannya. Maka ciptakan tujuan lebih dulu, karena bila tidak diciptakan maka anda tidak akan pergi kemanapun, karena anda tak mengerti arah mana yang akan anda tuju.
Paket pelatihan : 4 jam

2. Building Character to Get Success

Pikirkan dan ciptakan kebiasaan baik, maka kebiasaan baik tersebut akan menolong kita untuk mencapai sukses yang kita harapkan. Setiap awal pembentukan adalah butuh waktu yang jauh lebih lama daripada kebiasaan telah terbentuk. Hukum pertama kali berlaku yaitu : butuh waktu, tidak sempurna, butuh upaya lebih keras. Kebiasaan yang terus menerus dilakukan akan membentuk karakter diri seseorang.

Pohon dikenal karena buahnya, bila buahnya baik maka baiklah batangnya, baiklah akarnya, baiklah bibitnya. Sedangkan Orang dikenal bukan karena kebaikannya yang ia lakukan sesekali tetapi orang dikenal karena karakternya, orang dipercaya karena karakternya, orang mampu meraih apapun yang diyakini karena ia memiliki karakter dan mental seorang juara sejati. Bila sesuatu sudah ada dalam benak maka itu bisa diwujudkan. Motor penggerak untuk mewujudkannya adalah kemauan dan karakter.
Paket Pelatihan : 14 jam

3. Achievement Motivation Training

Tak ada manusia yang tak melakukan tindakan terbaik buat dirinya. Namun banyak orang yang kurang mempertimbangkan apa yang dilakukannya bagi banyak orang atau bagi masa depannya.” Life is a matter of choice” setiap orang menentukan pilihan terbaiknya namun hasil buah pikir adalah pertimbangan. Pertimbangan secara menyeluruh yang kurang diperhatikannya.

Menumbuhkan motivasi adalah memperlihatkan secara keseluruhan, memperlihatkan dengan 2 sudut pandang, melihat dengan ke dua matanya. Bila ini dilakukan maka setiap orang akan mampu mengambil tindakan terbaiknya. Penerimaan lingkungan atas tindakan terbaik menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri maka banyak hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Bila ia tak percaya pada dirinya sendiri maka tak ada orang lain yang percaya pada dirinya.

Sumber percaya diri adalah bangga diri. Bangga terhadap apa yang telah dicapainya. Kebanggaan lahir karena prestasi yang diraihnya. Maka buatlah prestasi di bidang anda masing-masing, buatlah perbedaan dengan lainnya, buatlah diri kita menjadi unggul dibidang yang kita kuasai. Sedangkan prestasi lahir karena keyakinan terhadap tujuan yang diciptakan, konsisten terhadap cara untuk mencapai tujuan dan mencintai terhadap apa yang dikerjakan.

Carilah sesuatu yang paling anda senangi dari pekerjaan anda, analisa kesesuaian dengan sikap yang perlu anda miliki dalam mencapai tujuan hidup anda, komitmen untuk terus mengembangkan diri, melakukan yang terbaik dan anda menjadi manusia yang berprestasi. Ingatlah prestasi besar lahir karena prestasi kecil yang anda capai dalam pekerjaan anda, sukses besar lahir dari sukses kecil. Tak ada kegagalan bagi yang siap mereka hanya menerima 2 alternatif yaitu : sukses atau belajar, untuk mengubah tindakan meraih prestasi yang lebih baik. Diperlukan latihan terbaik untuk menjadi yang terbaik.
Paket pelatihan : 21 jam

4. How to Motivate People
Pelatihan dikhususkan bagi manager dan pengawas untuk bisa mendapatkan kinerja puncak dari bawahannya. Bagaimana mengevaluasi sistem yang berlaku saat ini untuk bisa menjaga motivasi karyawan menjadi lebih baik. Apa yang perlu dilakukan terhadap incentif, dimana incentif menimbulkan kepandaian karyawan untuk berhitung dan tidak semua pemberian incentif memotivasi karyawan dengan jauh lebih baik. Sistem apa sajakah yang perlu dilakukan evaluasi, sehingga karyawan bersedia untuk unjuk kerja dengan berkarya dan bukan hanya bekerja.

Bagaimana peran Manager dan Pengawas dalam memotivasi karyawan? Tepukan, pujian, penghargaan kadang bisa efektif dan tidak efektif dalam memotivasi karyawan. Apa yang bisa dijanjikan oleh manager atau pengawas untuk dapat memacu prestasi bawahannya? Dapatkan semua jawabannya dalam pelatihan “ How to Motivate People”
Paket Pelatihan : 14 jam

Semoga artikel ini bisa dijadikan masukan bagi pembaca budiman.
Salam Sukses Selalu
Drs.Psi. Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar