Sabtu, 14 Mei 2011

Effective Presentation

Banyak yang telah menyadari tentang pentingnya SDM dalam upaya membawa perusahaan menjadi perusahaan yang unggul. Ditangan manusialah semua tehnologi dapat dijalankan dengan optimal dan ditangan manusialah, sistem dapat dijalankan secara efektif. Namun apa yang perlu diinvestasikan dalam diri manusia sehingga mereka menjadi manusia produktif. Tindakan manusia dipengaruhi oleh nilai yang dianutnya. Sedangkan nilai bisa ada pada diri manusia manakala berulangkali ditanamkan. Sama halnya ketika kita mendengar kata”Kentucky” dalam benak kita langsung tergambar tentang ayam goreng. Sedangkan Kentucky adalah salah satu nama kota di Amerika.

Bila karyawan banyak menerima masukan tentang hal yang buruk maka peluang memiliki persepsi yang buruk semakin besar. Bukankah bila ada 9 orang berpandangan negatif maka 1 orang baik juga akan lebih mudah terpengaruh berpandangan negatif. Dibandingkan 1 orang baik tersebut mengajak 9 orang berpandangan negatif menjadi baik. Oleh karena itu investasi pada sumber penghasil perbaikan kinerja perusahaan tetap diperlukan. Perlu ada program yang bersifat kontinyu untuk bisa menanamkan nilai baik pada karyawan.

Kendala yang dihadapi oleh manajemen adalah faktor biaya pelatihan yang dampaknya tidak dapat langsung dirasakan dengan peningkatan laba atau kinerja lainnya. Sebenarnya cara terbaik adalah memberikan pelatihan pada karyawan. Pelatihan yang baik, memberikan alternatif pilihan tindakan yang dapat dilakukan individu, karena tak ada orang yang mau bekerja dengan pikiran orang lain. Seorang motivator sekalipun juga membutuhkan motivasi dari orang lain manakala ia mengalami persoalan, ia butuh motivator untuk bisa memperbaiki level motivasinya, baik melalui buku yang dibacanya maupun menghadiri seminar motivasi.
Pelatihan “Effective Presentation” memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi faktor biaya.

Dimana dapat diciptakan trainer internal untuk menyampaikan materi atau menanamkan nilai positif pada karyawan. Penyampaian yang dilakukan dengan sekedarnya dan tidak memenuhi kaidah pelatihan orang dewasa bisa jadi sulit diterima oleh Audience dewasa. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan “Effective Presentation”.

Dalam pelatihan dijelaskan bahwa kemampuan presentasi bukanlah bakat bawahan tetapi latihan terbaik yang bisa di lakukan. Bukankah semua juara terlahir karena kesungguhan dan latihan terbaik yang dilakukannya. Disamping itu, peserta mendapatkan penjelasan bagaimana membuat presentasi yang menarik. Dibuktikan pula bahwa tak ada orang yang bersedia melakukan presentasi yang tidak menarik maka siapapun pasti bisa membuktikan bahwa presentasinya menarik. Bagaimana menciptakan kesan pertama yang menarik, membuat perkenalan yang menarik dan menyampaikan materi yang memudahkan pendengar untuk bisa memahami dan dalam keadaan gembira.

Peserta diberikan model ice breaker yang bisa digunakan untuk membangkitkan suasana dan membuat audience terlibat sehingga penyampaian menjadi tidak membosankan. Peserta akan berlatih menggunakan ice breaker yang disiapkan dan menggali ice breaker sesama peserta dari sumber lainnya. Bagaimana Berpikir kreatif untuk membuat pemahaman audience jauh lebih baik melalui persiapan yang baik.

Melalui Trainer internal maka penyampaian nilai positif pada karyawan akan langsung terjadi perubahan pada diri yang menyampaikan pesan tersebut. Dalam program praktek leadership yang kami implementasikan maka nilai-nilai yang meskipun dibacakan juga memiliki pengaruh dalam pemikiran pendengarnya. Terutama di perusahaan yang telah terbentuk para trainer internal dimana nilai tersebut tidak hanya dibacakan tetapi disampaikan melalui gaya masing-masing penyampai pesan. Suatu hal yang wajar bila yang menyampaikan pesan tidak ingin melanggar apa yang dikatakannya. Oleh karena itu sangat penting pernyataan “ sampaikan walaupun satu ayat” mengandung makna yang dalam untuk memperbaiki kualitas sikap mental kita dalam menerima perubahan dan perbaikan yang membawa pada masa depan yang jauh lebih baik. Perubahan kecil yang dilakukan terus menerus sesungguhnya menghasilkan perbedaan yang besar, ditentukan oleh seberapa jauh kita berjalan.

Jadikan ketrampilan Presentasi Efektif menjadi bekal bagi diri anda untuk menapaki jenjang
karir yang lebih baik.

Siapapun adanya, ia pasti bisa lakukan... hanya dengan kemauan yang keras untuk mewujudkan apa yang diyakininya dimasa depan.

Salam Sukses Selalu

Reksa Boeana
Executive Partner Smart Business Solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar