Jumat, 13 Mei 2011

Achievement Motivation Training (Motivation Training Series)

Pelatihan yang didisain untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada diri karyawan. Karyawan perlu disadarkan bahwa power untuk sukses ada pada dirinya. Karena individu yang menghendaki untuk sukses. Sukses ditentukan oleh kekuatan atau potensi yang dikembangkan oleh karyawan. Pihak lain menghendaki karyawan untuk sukses, sesungguhnya yang menghendaki tentu memiliki kepentingan tersendiri, yaitu sukses juga untuk diri mereka sendiri. Tak ada orang yang berbuat semata untuk orang lain, tentu semua perbuatannya akan berpulang pada dirinya sendiri.

Melalui pemahaman akan dirinya sendiri, memahami kebutuhan dan keinginannya, dimana semua manusia menghendaki untuk sesuatu yang lebih baik. Itulah kekuatan nurani yang ada pada diri setiap insan. Oleh karena itu mereka yang bertindak tidak sesuai dengan nuraninya maka sesungguhnya ia menentang nilai yang ada pada dirinya. Fitrahnya manusia adalah berbuat yang terbaik karena mereka memang diciptakan dalam rupa terbaik. Dalam pelatihan AMT, peserta akan menyadari tentang tindakan yang perlu dilakukan untuk dapat tampil sebagai yang terbaik.

Peserta juga disadarkan tentang perlunya peran keluarga bagi kesuksesan diri mereka. Perbuatan dan tanggung jawab mereka dalam bekerja adalah untuk bisa membawa keluarganya dalam kehidupan yang lebih baik. Dengan menyadari tentang tujuan ini maka peserta akan memiliki tanggung jawab yang lebih baik dalam bekerja. Fitrahnya manusia adalah menghendaki bahwa generasi penerusnya akan mendapati hidup yang lebih baik dari dirinya, bukannya harus menanggung hutang yang perlu diselesaikan. Ada mis manajemen dimana, suatu hasil bumi di ambil tetapi sampai dengan saat ini kita masih berhutang dan meninggalkan hutang bagi generasi penerus bangsa ini. Tak ada perbuatan yang bermanfaat manakala kita fokus pada sesuatu yang kita tak sanggup mengubahnya.

Peserta juga akan mendapatkan bukti bahwa sikap mental yang tepat kepada atasan adalah sikap hormat dan patuh. Dengan cara demikian maka akan terjadi relasi yang baik antara atasan dan bawahan. Bawahan dapat menjadi sukses manakala ia diberikan peluang untuk belajar, peluang untuk mencoba sesuatu hal baru, peluang untuk menghasilkan karya, kesempatan untuk menduduki suatu jabatan dan itu semua adalah peluang yang diberikan oleh atasan kita. Ridhonya seorang pemimpin merupakan ridhoNya pencipta hidup kita.

Sukses tidak dibangun sendiri, meskipun sukses berasal dari diri kita sendiri yang mampu mempersiapkan dengan lebih baik. Persiapan yang lebih baik menciptakan peluang atau kesempatan kepada kita untuk maju kearah yang lebih baik. Kesempatan bukan hanya sekali dalam kehidupan, tetapi berulang kali tercipta bagi mereka yang telah siap menerimanya. Kita penguasa atas kesempatan, tindakan, materi dan sesuatu hal yang diciptakan karena kita yang sanggup mengubahnya. “the Great People always talk about IDEAS, Average People talk about things, Small People Talk about others”. Hidup adalah pilihan kendalikan perbuatan dan percakapan kita untuk dapat berada bersama orang-orang yang luar biasa.

Bekerja adalah ibadah maka sikap yang tepat adalah mencintai pekerjaan kita. Pekerjaan yang memberikan peluang pada kita untuk bisa menapaki jalur karir yang lebih baik. Tak ada orang yang percaya dan bersedia untuk membayar kita mahal manakala kita tidak memiliki pengalaman kerja terbaik yang dapat kita banggakan. Orang yang tak bisa membanggakan pekerjaan sebelumnya sulit mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Banyak orang menghendaki surat referensi tetapi kebanggaan yang membuat ia lebih baik adalah kebanggaan atas pekerjaannya sendiri. Oleh karena itu pekerjaan bernilai sebagai ibadah.

Melalui penyampaian nilai-nilai ini dan mengubah paradigma berpikir peserta pelatihan AMT melalui studi kasus, permainan dan kuesioner penilaian serta umpan balik yang mampu meningkatkan pemahaman karyawan untuk tidak berdiam diri dan bersegera mengambil tindakan untuk menunjukkan prestasinya. Komitmen karyawan untuk berprestasi di abadikan dalam sebuah slogan atau ikrar bersama untuk tetap terus memacu diri menjadi lebih baik.
Selamat bagi mereka yang telah mengikuti pelatihan ini, teruslah berkarya tidak hanya bekerja dan Salam Sukses selalu


Reksa Boeana
Executive Partner Smart Business Solution.

1 komentar: