Selasa, 10 Mei 2011

3 Hari Yang Berarti Dalam Peningkatan Produktifitas

3 Hari yang Berarti Dalam Peningkatan Produktifitas

Tuntutan pelanggan terus berubah, perusahaan yang sanggup menanggapi dan memenuhi tuntutan tersebut yang akan bertahan dan mampu berkembang dalam persaingan yang semakin ketat. Salah satu tindakan yang diperlukan adalah melakukan peningkatan kinerja produktifitas. Peningkatan produktifitas berarti mengoptimalkan fungsi operasi dengan mempertahankan jumlah masukan.

Ada 4 langkah untuk meningkatan produktifitas yaitu : (1), Meningkatkan hasil suatu proses dan mempertahankan jumlah input yang dibutuhkan oleh proses tersebut. (2), Meningkatkan kinerja hasil proses dengan mengurangi jumlah masukan melalui langkah-langkah efisiensi. (3), Meningkatkan kinerja hasil proses berlipat melebihi kenaikan input yang dibutuhkan. (4), Mempertahankan hasil yang pernah dicapai dengan mengurangi jumlah masukan yang dibutuhkan untuk menghasilkan output dari suatu proses.

Melalui pengukuran ini maka akan dapat diketahui tentang perkembangan perbaikan yang dilakukan. Barang siapa tak bisa mengukur maka ia tak akan pernah bisa menghasilkan perbaikan. Tindakan perbaikannya tidak bersifat konsisten karena kita tidak melakukan pengukurannya.

Manfaat pengukuran juga untuk melihat dampak tindakan perbaikan yang dilakukan terhadap kinerja proses, sehingga dapat segera diambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan agar percepatan perbaikan dapat dengan segera di wujudkan. Melalui Action maka hasil perubahan akan dapat direalisasikan. Mengubah Action akan menghasilkan hasil yang berbeda. Tak ada gagal, yang ada adalah kita kurang berani melakukan tindakan yang berbeda.

Oleh karena itu kunci perbaikan adalah melakukan tindakan kreatif untuk menciptakan hasil yang diharapkan. Kebanyakan orang bertindak berdasarkan pengalamannya, banyak diantara mereka yang bekerja dengan standar yang telah ditetapkan. Bila kita kaji lebih dalam maka pengalaman adalah masa lalu kita. Tindakan yang berdasarkan pada pengalaman tentunya akan menghasilkan hasil yang sesuai dengan yang pernah dicapai. Tak ada pencapaian kinerja yang jauh melebihi apa yang telah pernah dicapai, ketika kita mendasarkan keputusan kita pada pengalaman maka kita hanya sampai pengulangan atas kesuksesan yang pernah diraih.

Diperlukan perangkat berpikir lateral untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang dapat dituangkan dalam kertas kerja perbaikan. Dalam pelatihan ini akan diberikan pemahaman tentang bagaimana melahirkan ide-ide dalam memberikan solusi atas peningkatan kinerja perusahaan.

Hari Pertama : pembahasan difokuskan untuk menumbuhkan keyakinan bahwa permasalahan sulit sekalipun akan dapat diselesaikan. Bagaimana memahami sumber perbaikan yang sangat berharga bagi kita dalam melakukan tindakan perbaikan. Bagaimana mengidentifikasi masalah, menemukan penyebabnya dan berpikir kreatif agar tidak terjebak atas pengalaman masa lalu.

Hari Kedua : Peserta akan diperkenalkan tentang perangkat berpikir untuk bisa menghasilkan ide kreatif yang digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau bagian. Dibahas kasus tentang tindakan-tindakan yang bisa diambil dalam meningkatkan kinerja proses.

Hari Ketiga : Peserta melakukan praktek dengan bekerja secara berkelompok dalam menggunakan perangkat berpikir ini. Dimana di akhir sessi akan dibuatkan Action Plan perbaikan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas dengan mengacu pada permasalahan di perusahaan sehingga dapat langsung diaplikasikan atau diterapkan.

Pelatihan : “Bagaimana Meningkatkan Produktifitas Kerja Bagian / Perusahaan dalam waktu 3 Hari” menjadi alternatif pilihan pelatihan yang bisa menghasilkan peningkatan produktifitas. Pihak HRD atau Manager terkait akan mendapatkan “ACTION PLAN” untuk memantau langkah perbaikan berjalan sesuai target yang ditetapkan.

Investasi anda sangat berarti bagi peningkatan produktifitas dan kepuasan pelanggan. Dapatkan informasinya di Smart Business Solution hubungi 031-8781491.

Salam Sukses Selalu
Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar