Kamis, 12 Mei 2011

Meningkatkan Kinerja Pengiriman Anda

Kecepatan pelayanan kepada pelanggan menjadi salah satu faktor untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu manajemen perlu melakukan pengukuran dan terus secara kontinyu memperbaiki kinerja pengirimannya. Pelanggan menghendaki order atau pesanannya dapat dengan segera terpenuhi. Melalui pengukuran maka manajemen dapat melakukan analisa, mengambil tindakan dan memantau perbaikan kinerja pengirimannya.( Warehouse Management Series).

Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan langkah kerja pengukuran yang dibutuhkan agar mampu memperbaiki kinerja pengirimannya. Melakukan analisa proses dimana proses kerja pengiriman akan dipecah menjadi beberapa proses agar mampu mengidentifikasi dengan lebih baik. Bukankah suatu permasalahan tidak berdiri sebagai permasalahan tunggal tetapi sebagai permasalahan yang saling terkait antar proses. Melalui analisa proses dan memecah proses menjadi bagian proses dimana kemudian di pecah lagi menjadi serangkaian aktifitas, maka identifikasi masalah pengiriman mampu diidentifikasikan dengan lebih baik.

Berdasarkan atas analisa dan identifikasi permasalahan sampai dengan kegiatan terkecil suatu aktifitas maka tak heran kita mampu meningkatkan kinerja pengiriman menjadi lebih cepat dan tepat hanya dalam hitungan hari. Bukankah apabila kita ingin maju maka kita perlu berhenti sejenak dan berpikir bagaimana kemajuan yang dikehendaki akan dapat terealisasi dalam waktu pendek.

Banyak orang enggan berpikir lebih detail dan fokus mereka lebih pada bekerja keras untuk mencapai apa yang diharapkannya. Sama halnya dengan orang tua yang memandang bahwa nilai matematika anak yang rendah dapat diperbaiki dengan menambah les matematika kepada anak. Namun banyak diantara orang tua yang mendapatkan hasil dimana hasil anak tidak mengalami peningkatan yang signifikan setelah periode tertentu menggunakan jasa guru privat. Guru les privat juga mengajarkan pada anak sesuai dengan bab pelajaran yang harus diberikan pada anak tanpa melakukan analisa persoalan nilai anak yang bersangkutan.

Seringkali dalam konsultasi fingerprint test, kami menyarankan agar orang tua lebih dulu melakukan analisa yang mendalam tentang hasil nilai anak. Bisa jadi anak baik di bidang aritmatika, hitungan dan soal cerita. Tetapi lemah di bidang bangun ruang. Maka tindakan yang tepat adalah membuat prioritas untuk belajar anak. Disamping itu porsi jumlah jam belajar pada sub topik yang berkaitan lebih banyak. Sehingga dengan cara ini maka nilai matematika anak dapat ditingkatkan dalam waktu singkat.

Begitu pula dalam meningkatkan kinerja pengiriman anda. Lakukan analisa lebih dulu mulai dari order diterima sampai dengan barang dikirimkan. Tindakan yang tepat adalah memecah proses tersebut menjadi sub proses dan kegiatan atau aktifitas sehingga manakala dilakukan langkah tindakan perbaikan maka hasil perubahan langsung terjadi. Dalam pelatihan akan di sampaikan tentang bagaimana peluang untuk meningkatkan kinerja pengiriman sesuai dengan kondisi di perusahaan. Langkah yang tepat adalah berpikir lebih dulu bertindak kemudian.

Salam sukses selalu

Reksa Boeana
Executive Partner Smart Business Solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar